Cara Wawancara yang Baik dan Benar : Tips Wawancara Efektif

Wawancara merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menggali informasi dari seorang narasumber secara langsung. Seorang narasumber akan memberikan informasi yang kita tanyakan dengan senang hati dan dengan sebenar- benarnya jika kita dapat melakukan wawancara dengan baik dan benar.
Berikut ini adalah cara wawancara yang baik dan benar yang saya rangkum dari berbagai literatur :

1. Menghubungi/ meminta izin kepada orang yang akan diwawancara apakah orang tersebut bersedia atau tidak untuk diwawancara. Menghubungi orang yang akan diwawancara ini dapat dilakukan dengan cara langsung atau dengan cara tertulis seperti membuat surat permohonan untuk wawancara.

2. Persiapkan pertanyaan yang akan kita tanyakan kepada narasumber kita sesuai dengan topik atau pembahasan yang kita inginkan. Usahakan pertanyaan yang kita ajukan kepada narasumber singkat dan jelas.

3. Berikan kesan yang baik pada narasumber. seperti : datang tepat waktu jika melakukan perjanjian pertemuan di suatu tempat, menyambut kedatangan narasumber dengan ramah, dan lain sebagainya.

4. Berpakaian yang rapi dan sopan.

5. Perhatikan cara berbicara dan cara menanggapi pembicaraan narasumber agar terlihat antusias dengan penjelasan narasumber.

6. Jelaskan identitas anda atau perkenalkan diri anda terlebih dahulu agar narasumber menjadi nyaman untuk berbicara dengan anda.

7. Jelaskan tujuan anda melakukan wawancara.

8. Mulailah wawancara dengan pertanyaan yang ringan dan umum namun tidak keluar dari topik pembahasan yang anda inginkan.

Misalnya anda akan membahas tentang topik "Kenaikan harga sembako", maka tanyakan dulu pada narasumber tentang makanan kesukaannya. Ajak narasumber menceritakan dirinya terlebih dahulu tentang makanan kesukaannya, mungkin narasumber akan bercerita tentang makanan pantangannya dan lain sebagainya. Baru kemudian setelah narasumber asik berbicara kita masukkan disela- sela pembicaraan beberapa pertanyaan yang telah kita persiapkan untuk bahan wawancara kita.

9. Jangan lupa siapkan alat tulis atau alat perekam.
Sumber Gambar : http://bahasainggris-jepang.blogspot.com/2015/02/cara-menjawab-pertanyaan-wawancara.html

10. Hindari pertanyaan yang rumit dan berbelit- belit.

11. Dengarkan penjelasan dari narasumber dengan seksama dan dengan antusias, jangan sampai meminta narasumber untuk mengulang jawabannya.

12. Hargai pendapat dari narasumber agar tetap menjaga suasana narasumber yang sudah nyaman dengan kita.

13. Pandai- pandailah mengambil kesimpulan. Jangan mencatat semua jawaban dari narasumber. Pilihlah jawaban narasumber yang penting untuk laporan wawancara kita.

14. Ucapkanlah terima kasih atau kalimat penghargaan lainnya setelah wawancara selesai.

Demikianlah cara wawancara yang baik dan benar yang dapat saya bagikan kepada anda semua. semoga cara wawancara yang baik dan benar ini dapat bermanfaat.
Terima kasih.

1 comment:

  1. Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Dari Agen S1288Poker Game Online
    Di Sini Kami Agen S1288Poker Memberikan Modal Bonus Freechip Sebesar 10.000idr

    HUBUNGI KAMI:
    livechat: www,s1288poker,com
    pin BB: 7AC8D76B ( New )

    ReplyDelete